Sunday, July 14, 2019

Siswa Kreatif, Sampah Plastik Disulap Jadi Meja dan Kursi Cantik




Pamekasan:Yang namanya sampah ya tetaplah sampah, namun berbeda bila sampah berada di tangan siswa-siswi di Pamekasan, Madura,  Jawa Timur. Sampah plastik malah disulap menjadi meja dan kursi cantik dan menarik serta memiliki nilai jual tinggi. Penasaran khan…..

Mungkin sebagian orang tidak menyangka, bahkan bisa saja kaget, saat melihat meja dan kursi yang cantik ini, yang biasa diduduki orang di ruang tamu, ternyata  berbahan dasar sampah plastik.

Seperti yang dihasilkan oleh siswa SMA 4 Pamekasan.  Mampu membuat meja dan kusi cantik dari sampah plastik. Bahkan Dari tangan kreatif merekalah sampah plastik ini

Membuat meja dna kursi dari Sampah plastik ini, bukan serta merta langsung jadi, melainkan butuh proses, telaten dan keahlian dalam mendesain berbentuk meja dan kursi memiliki nilai ekonomis tinggi.

Dalam prosesnya, Pertam; sampah sampah plastic ini dikumupulkan dari lingkungan masyarakat sekitar, kemudian dipilah-pilah. Setelah itu sampah plastk yang masih bagus diambil dan dibersihkan.

lalu kemudain membuat ekobrik dari botol berukuran kecil dan besar. kemudian kemasan plastik itu dimasukkan ke dalam botol dan dipadatkan dengan cara ditusuk hingga penuh.

Dalam membuat satu set meja dan kursi, membutuhkan 40 botol ekobrik ukuran besar dan 9 botol ekobrik ukuran kecil dengan cara direkatkan. Kemudian melapisi dengan kulit kursi atau pengemasan.

“Dalam satu unit  meja atau kursi mebutuhkan waktu sekitar 3 minggu. Bahkan saat ini kami baru menghasilkan sekitar lima unit yang sudah dipesan,” ungkap siswa SMA 4 Pameksan, Vito.

Menurutnya, untuk pemasaran selain dijual secara online, juga dijual ke dinas-dinas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pamekasan dan di luar Pamekasan,” Harganya dalam satu unit bervariasi dari harga Rp 1 juta Rp 2 juta 500 ribu rupiah tergantung model dan pesanan konsumen,”tandasnya

1 comment: